Sunday, January 17, 2016

Pengertian, Dampak dan Cara Mengatasi Bounce Rate yang Membengkak

Pengertian, Dampak dan Cara Mengatasi Bounce Rate yang Membengkak- Setelah kemarin YY Membagikan artikel Cara memasang WIDGET ALEXA terbaru 2016, Kini saatanya YY Berbagi artikel yang tiak kalah bermanfaat bagi sobat. Bounce rate merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan oleh blogger. Bounce rate menyerminkan dari kualitas blog itu sendiri, apakah blog tersebut bagus, bermanfaat atau sebaliknya.
Pengertian, Dampak dan Cara Mengatasi Bounce Rate yang Membengkak

Mengenal lebih dekat apa itu Bounce Rate ?

Bounce rate adalah presentase pengunjung yang meninggalkan halaman web kamu yang hanya melihat satu halaman saja. Misalkan gini kamu hanya membuka halaman ini saja kemudian kamu meninggalkan nya tanpa melihat halaman yang lain nya. 

Rumus penghitungan bounce Rate

Jumlah pengunjung yang membuka 1 halaman /jumlah total kunjungan x 100%.
Misalkan blog ini mendapatkan total kunjungan sebanyak 200 pengunjung dengan jumlah pengunjung yang hanya membuka 1 halaman sebanyak 150 pengunjung, maka 150/200 x 100% = 75%.
Pengertian, Dampak dan Cara Mengatasi Bounce Rate yang Membengkak
Bounce rate YY
 

Penyebab Bounce Rate membengkak

Ada banyak faktor yang menyebabkan bounce rate sebuah blog membengkak, diantaranya adalah artikel tidak berkualitas, Navigasi blog acak acakan, loading blog lambat, template blog tidak friendly, Blogwalking dan masih banyak yang lain nya.

Dampak Bounce Rate yang membengkak pada Blog

Ketika blog kita banyak pengunjung yang didapat dari promosi ke grup-grup, otomatis akan mendapatkan banyak pengunjung dan jika ternyata isi blog kita lebih banyak tidak disukai oleh pengunjung, dengan secara cepat mereka akan mengakhiri kunjungan nya dan kemungkinan mereka kembali kepada blog kita sangat kecil. Ini beberapa dampak negatif akibat Bounce Rate yang membengkak.
  • Kurang baik bagi kesehatan blog
  • Memperburuk kualitas seo
  • Pengunjung tidak akan kembali
  • Trafik blog akan turun
  • Dan masih banyak lagi

Cara Mengatasi Bounce Rate yang Membengkak

Biasanya seorang blogger hanya memperhatikan trafik saja, sama halnya dengan trafik bounce rate juga harus mendapatkan perhatian. Untuk mengatasinya tidak ada trik yang tersembunyi untuk mendapatkan Bounce rate yang ideal. Kuncinya hanya kualitas artikel yang baik. Perbanyak artikel yang berkualitas dan bermanfaat. Buatlah artikel yang berkaitan misalnya Cara membuat anchor text yang baik untuk seo blog yang berkaitan dengan Daftar blog dofollow berkualitas 2016 disana anchor text bermanfaat untuk kualitas seo dalam menanam backlink, tentunya untuk mendapatkan backlink diperlukan blog dofollow yang berkualitas. Nah seperti itulah kira kira,

Beberapa cara untuk mengatasi bounce rate yang membengkak

1. Perbanyak konten Blog
Perbanyak artikel yang berhubungan dengan niche blog kamu, dengan catatan artikelnya berkualitas. Kepadatan dan relevansi yang baik pada masing-masing artikel secara umum dapat mengecilkan Bounce rate kamu.

2. Template yang Seo friendly
Template dapat berperan penting dalam membuat pengunjung merasa nyaman. Desain template yang acak-acakan atau menyulitkan pengunjung akan membuat mereka meninggalkan blog kamu dalam waktu yang cukup cepat. 

3. Percepat Loading Blog
 Loading blog yang lambat bukan masalah yang aneh lagi bagi seorang blogger. Loading blog yang lambat menjadi salah satu faktor pengunjung blog kamu pergi dengan waktu yang singkat. Percepat loading blog kamu dengan menghapus widget yang tidak terlalu penting.

4. Buat artikel Terkait
Menghubungkan satu artikel dengan aratikel lainnya besar kemungkinan pengunjung akan lebih banyak membuka halaman blog kamu. Setiap mempublikasikan artikel jangan lupa mengaitkan nya dengan artikel yang lain nya( artikel yang berhubungan).

5. Gunakan Widget Label pada blog dan daftar Artikel
Semakin banyak kamu mendaftarkan banyak artikel kepada pembaca menggunakan berbagai widget, maka semakin besar kemungkinan bounce rate kamu menurun. Buatlah widget Artikel terbaru, Artikel Populer, Label.

6. Jangan gunakan terlalu banyak iklan
Iklan yang terlalu banyak juga membuat pengunjung tidak betah pada blog kita dan itu merupakan faktor yang harus diperhatikan. Gunakan iklan secukupnya saja misal pada widget sidebar dan header saja.

Catatan:
Tidak hanya faktor diatas saja yang bisa mengecilkan bounce rate, kunci utamanya adalah artikel yang berkualitas dan optimasi seo on page yang dapat membuat setiap artikel yang kita publish berada di halaman awal mesin pencari. Untuk optimasi seo on page kamu bisa baca disini 8 teknik dan cara sederhana optimasi SEO ON PAGE.

Demikian artikel mengenai Pengertian, Dampak dan Cara Mengatasi Bounce Rate yang Membengkak semoga bermanfaat ^_^

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Dampak dan Cara Mengatasi Bounce Rate yang Membengkak

12 comments:

  1. wow keren infonya gan,,punya ane bounce ratenya cuma 20.1% itu gi mana ya bagus apa kgak

    ReplyDelete
  2. Ini Sudah Sering Tapi Saya Sarankan Juga Fokus Ke onnpage

    ReplyDelete
  3. wah harus diperkecil nih biar baik di mata mas google :)

    ReplyDelete
  4. wah infonya bagus nih. jadi semakin kecil bounce rate ternyata semakin bagus

    ReplyDelete
  5. Bounce adlh peristiwa yg dialami bnyak blogg, thanks gan udh membantu.

    ReplyDelete
  6. brarti semakin kecil ratenya semakin bagus ya? nice info :)

    ReplyDelete
  7. Salam kenal, nama saya Muhamad Ilyas.
    benar sekali mas, bounce sangat berpengaruh pada kualitas seo blog kita

    ReplyDelete
  8. Pengunjung emang gitu, suka ninggalin begitu saja. Apalagi yang cuman ngarapin backlinj gratis.

    ReplyDelete