Thursday, January 21, 2016

10 tips agar pengunjung betah berlama lama berada di blog

10 tips agar pengunjung  betah berlama lama berada di blog -Trafik blog yang melimpah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi jika kamu mau pengunjung itu berlama lama berada diblog kamu. Sama halnya dengan didunia nyata pengunjung ada yang betah berlama lama berada disuatu tempat ada juga yang malah ogah berlama lama ditempat itu, di dunia maya juga gitu terutama di blog, ada yang betah berlama lama ada yang ngga. Dengan pengunjung yang betah diblog kita ada manfaatnya juga untuk merampingkan bounce rate blog kita yang mana semakin kecil bounce rate maka semakin bagus juga blog kita. Baca juga Pengertian, dampak dan cara mengatasi bounce rate yang membengkak
10 tips agar pengunjung betah berlama lama berada di blog

Tentunya kamu dan saya juga mengharapkan trafik yang melimpah dan pengunjung yang setia stay lama di blog kita. Dengan adanya pengunjung yang betah berada di blog kita besar kemungkinan trafik yang didapatkan akan melimpah juga, karena jika pengunjung betah dengan blog kita, bisa saja dia akan menshare blog kita. Nah lumayan kan ? dapet backlink yang sangat berkualitas heheh. Terus bagaimana 10 cara agar pengunjung betah berlama lama di blog kita, simak ulasanya dibawah ini.

1. Tulis sesuatu yang MENARIK dan BERMANFAAT

Konten atau tulisan yang bermanfaat adalah faktor penting yang bisa membuat pengunjung betah berlama lama di dalam blog kita. Konten is king itulah yang sering kita dengar jika ada mastah Blogger sedang berdiskusi. Hal ini merupakan teknik dasar yang semua blogger mau tak mau harus dilakukan. Semakin menarik dan bermanfaat isi artikel tersebut maka semakin besar kemungkinan blog kamu jadi ramai pengunjung.

2. Gunakan widget RELATED POST

Pengunjung yang datang biasanya sedang mencari tema atau artikel tertentu. Kamu bisa memanfaatkan situasi ini dengan menanam artikel yang berkaitan dengan tema atau artikel yang sedang pengunjung baca. Dengan memasang widget Related post pengunjung akan merasa dimanjakan dengan sajian artikel artikel yang sejenis, hal tersebut akan membuat pengunjung betah berlama lama di blog kamu.

3. Gunakan widget RANDOM POST  di sidebar blog

Selain artikel sejenis, Kamu juga bisa memanfaatkan widget Random post untuk menarik perhatian pengunjung, ya meski artikelnya tidak sejenis tapi akan ada kemungkinan juga pengunjung membaca artikel yang sudah kita pasang pada widget random post. Hal ini merupakan hal yang wajar yang sering dilakukan oleh pengunjung termasuk saya sendiri. Memasang widget ini bisa membuat artikel lama tidak tenggelam di makan oleh waktu.
Tidak ada salahnya kamu menampilkan postingan lama di widget ini agar pengunjung mendapat lebih banyak konten dan bacaan. Hal ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk membuat pengunjung betah yang datang secara tidak sengaja dan Blogger yang sedang blogwalking.

4. Gunakan widget POPULER POST di sidebar blog

Salah satu cara ampuh lainya yaitu dengan memasang populer post di sidebar blog. Tentu saja dari sekian postingan blog akan ada postingan atau artike yang paling banyak dikunjung hingga paling sedikit dikunjungi. 

5. Sajikan halaman DAFTAR ISI blog

Selain widget related post, random post hingga populer post, kamu juga harus menyediakan halaman daftar isi untuk membuat pengunjung betah berlama lama stay di blog kamu. Mungkin saja dari banyaknya postingan yang kamu publikasikan akan ada beberapa yang membuat pengunjung menarik, dan akhirnya pengunjung pun akan bertahan lama di blog kamu.

6. Buat NAVIGASI dan MENU yang jelas

Jangan salah dengan the power of Navigasi dan Menu dihalaman utama blog. Kalo navigasi dan menu kamu acak acakan hal tersebut bisa membuat pengunjung kesulitan untuk mencari artikel yang diinginkan kemudian pengunjung akan pergi dan mencari blog lain yang navigasinya rapih tertat. 

Jadi mulai sekarang rapihkanlah Navigasi dan menu pada blog kamu karena hal tersebut akan membuat pengunjung nyaman berada di blog kamu.


7. Gunakan TEMPLATE yang sederhana dan unik

Template juga berpengaruh terhadap pengunjung untuk betah berlama-lama di situs kita. Tampilan yang responsif, tertata rapih dan unik merupakan faktor penting yang membuat pengunjung senang dan akhirnya pengunjungpun betah.

8. Hilangkan iklan yang berlebihan

Iklan yang berlebihan dapat membuat pengunjung jengkel untuk berada di blog kamu, maka dari itu hilangkan dan gunakan template sewajarnya saja misal di awal postingan, akhir postingan atau di header dan sidebar saja. Apa lagi jika iklan nya iklan popunder yang tiba tiba muncul dan membuat redirect ke iklan tersebut, pasti pengunjung enggan berlama-lama dan enggan untuk kembali ke blog kita.

 9. Sediakan kolom KOMENTAR pada blog

Kolom komentar juga berpengaruh pada reaksi pengunjung. Bagaimana jika pengunjung ada keperluan yang harus ditanyakan kepada pemilik blog. Tentu saja pengunjung akan cepat pergi dan memilih blog lain untuk menanyakan keperluannya tersebut. 

Maka mulai sekarang kamu yang tidak menyediakan kolom komentar pada blog segera benah lah blog kamu itu.


10. Percepat LOADING blog

Tips terakhir yang akan saya bagikan ini merupakan salah satu faktor penting banyak atau tidak nya pengunjung pada blog kita. Gimana perasaan kamu saat kamu membuka sebuah website yang loading nya lama ? bahkan sampai gambar pun tidak nampak. Kesal bukan, nah pengunjung juga memiliki perasaan yang sama seperti kamu.

Maka dari itulah percepat halaman blog kamu, kamu bisa menghilangkan beberapa widget yang tidak penting.

Sekian 10 tips agar pengunjung  betah berlama lama berada di blog kita semoga artikel ini bisa membantu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 tips agar pengunjung betah berlama lama berada di blog

0 comments:

Post a Comment